Sekali aku sudah terlahir…
Aku tak bisa kembali ke rahim ibuku lagi.
Begitu… ya, memang begitu.

Sekali aku sudah dewasa…
Aku tak bisa kembali ke masa kecilku lagi.
Dewasa, sebuah gerbang yang dari dulu tak ingin kubuka gemboknya
Aku memang memiliki kuncinya, tapi entah apa yang membuat, egh,
Rasanya tak ingin membuka kunci gembok gerbang yang satu ini…

Hidup memang kabur, blur…
Itu benar, memang…

Tapi untuk jalan dibalik gerbang ini, kelihatan lebih mengerikan
Kabutnya terlalu tebal… asap dimana-mana
Semak belukar agaknya sudah merambat ke setiap sudut jalanan…
Ngeri aku melihat dan membayangkannya,
Apalagi menjalaninya..

***

Sekali aku lahir, aku lahir…
Sekali aku lahir, aku hidup…
Aku syukuri (?) memang….

Tapi sering bertanya, benarkah aku punya kekuatan terselubung,
Ehm, ibarat mantera yang bisa kuucapkan kapan saja dimana saja
Untuk dapat bertahan di hamparan yang seperti sehelai daun ini?


Benarlah, seharusnya kita lahir dengan semangat berani mati
Memang, bukan pisau atau pedang yang akan menghadang
Tapi aku yakin, ini saja sudah seperti perang…
Ada tawa dan tangis dimana-mana
Ada bunga dan luka dimana-mana
Teriakan minta tolong dan minta ampun disana-sini
Teriakan minta keadilan dan kebenaran di setiap sudut telinga…

Tapi tak satupun mendengarnya…
Hahaha.. begitulah..

Dari awal, memang ini seperti bunuh diri
Meski tak memotong nadi
atau menggantung diri
Tapi siap atau tidak kita akan bersahabat nanti, dengan mati.

***
Hidup… isi… isi…!!

Dengan nyawa, berlari…berlari….!!

Tapi sungguh, aku tak ingin menjadi yang tersia…
Aku ingin menjadi pahlawan, setidaknya bagimu saja
Mereka? Aku tak peduli…
Atau sebaiknya kukatakan "aku tak mengerti"?

Kata-katamu aku pinjam sebagai penyambung nyawa
Suaramu aku pakai sebagai asupan udara
Mengalir dan menyusuri tiap nadi, lalu ke paru-paru
Sampai menusuk hati, membius saraf, dan membekukan otakku untuk sejenak:
Aku sedang apa?

Pada akhirnya, aku memang tersia...
Lucu rasanya menyadari bahwa aku tak pernah sadar selama ini.
Sudahlah... 

-akan kuhidupi hidup ini.